A.Pengertian SEO (Search Engine Optimization)
SEO serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
B. Definisi SEARCH ENGINE
Search engine adalah aplikasi berbasis web maupun aplikasi deskop dan mobile ,yang berfungsi untuk mencari dokumen di dalam jaringan internet berdasarkan kata kunci (keyword) yang diimputkan dan mengembalikan hasil dari pencarian berdasarkan imputan kata kunci.
C. Contoh-contoh Search Engines
1.Google
2.all the web
4.YAHOO
5.BING
6.BAIDU
7.ASK.COM
8.Other
D.TUJUAN UMUM DAN TUJUAN KHUSUS SEO
1.Tujuan umum
Menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas,atau setidaknya
halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan
2. Tujuan khusus
a.meningkatkan Rangking dan traffic
b.meningkatkan brand awareness
c.meningkatkan visibilitas dan otaritas
d.meningkatkan revence
E.JENIS-JENIS KATA KUNCI(KEYWORDS) SEO
Kata kunci dapat dibedakan berdasarkan kata penyusunannya serta artinya. Pemilihan kata kunci dengan benar akan mampu mengarahkan pengunjung dengan tepat.Berikut ini jenis kata kunci yang harus diperhatikan agar SEO agar menjadi efektif.
- Kata kunci pendek(sort key words)
Kata kunci pendek adalah kata kunci yang paling sering dituliska pengguna mesin pencarri. Dengan menggunakan kata kunci pendek,akan didapatkan jutaan hingga miliaran file di hasil npencaqrian,bergantung tren kata kunci yang dimaksudkan
Contoh
“Bisnis online”
“wirausaha”
- Kata kunci panjang(long tail key words)
Sebagian besar orang atau pengguna atau pengguna mesin pencari masih menggunakan bahasa alami(natural) ketika menuliskan kata kunci dimesin pencari.kata kunci panjang mulai dari 3 suku kata,dan biasanya berupa kata dasar.Namun demikian,tidak tertutup kemungkinan menulis kata kunci panjang selain kata dasar.
Contoh:
“materi bisnis online”
“toko nuku online”
“pelajaran online marketing”
3.Kata kunci branded(branded key words)
Kata kunci jenis ini digunakan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan untuk mengarahkan pengunjung media online ke website. Biasanya ,kata kunci yang digunakan langsung menyebut merek dagang, nama produk, atau nama perusahaan.
Contoh:
“Toko online Glodok”
“Toko buku Eureka’
4.Produk terkait(product related)
Kata kunci jenis ini digunakan perusahaan atau pebisnis perorangan untuk mengarahkan konsumen pada kata kunci yang tersirat dalam kata kunci tersebut.sasaran utama kata kunci jenis ini adalah keluasan cangkupan kata kunci untuk diarahkan ke website.
Contoh:
“jasa bisnis online”
“Web Hosting termurah”
“Membangun website”
5.Kata kunci “masalah”(problem key words)
Saya menggunakan mesin pencari, pengguna terkadang memiliki masalah yang membutuhkan jawaban yang cepat dan murah. Ketika mengalami suatu yang tidak dapat atau belum diselesaikan, pengguna biasanya menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan penyelesaian. SEO menangkap peluang-peluang seperti ini, dan lantas membuat kata kunci yang mengarahkan para pengguna yang terkait pada suatu perusahaan atau pebisnis perorangan yang dianggap dapat menjawab permasalahannya.
Contoh:
“wajah berminyak”
“koputer lambat”
“HP selalu putus jaringan”
6.Kata kunci “ lokasi”(localized key words)
Pengguna ( user) seringkali menggunakan kata kunci yang mengarahkannya ke lokasi tertentu yang sedang dicarinya.biasanya, di belakang kata kunci disebutkan nama provinsi ,kota, desa, dan lain sebagainya.Nama lokasi tentunya harus ada dan akrab (familiar) di mata pengguna. Hasil pencarian mengunakan jenis kata kunci ini relative bergantung pada nama kota yang dituju serta tingkat penggunaan internet atau mesin pencari di wilayah yang dituju.
Contoh:
“Rental Mobil Singkawang”
“Rumah Sakit di Medan”
“Toko Buku DI Makassar”
“Tempat spa di Bali”